Apa Itu Recount Text, Fungsi Dan Contoh Aplikasinya

Pernahkah kamu mendengar istilah recount text? Bagi yang jurusan Bahasa Inggris, atau suka bahasa Inggris pasti tahulah ya, apa itu recount text, apa saja fungsinya, hingga seperti apa contohnya. Hal ini pasti sangat berbeda dengan kamu yang justru tidak menyukai bahasa Inggris. Padahal sebenarnya, belajar bahasa Inggris adalah hal yang menyenangkan loh, apalagi ketika sedang membahas recount text. Nah, buat kamu yang masih penasaran sama recount text, yuk simak penjelasan singkatnya di bawah.

Apa itu Recount Text

Sebelum belajar lebih jauh dan lebih dalam, kita harus mengetahui dasarnya dahulu. Dan itu dimulai dari pertanyaan apa. Hal ini bukan hanya berlaku ketika akan belajar recount text ya. Tapi juga pelajaran lain. Nah, recount text adalah salah satu jenis text yang ada di dalam Bahasa Inggris.

Di mana, ia digunakan ketika kamu ingin menceritakan mengenai peristiwa, kejadian, atau pengalaman yang telah lampau. Lantas, apa tujuannya? Nanti kita bahas sekuritas di bagian yang berbeda. Recount text mempunyai 3 bagian yang paling dasar. Ada orientation, kemudian event, dan ada juga reorientation. Lantas, apa makna dari ketiganya? Jadi, bagian orientation adalah pengenalan ataupun pembukaan. Yang di dalamnya berisi tentang siapa saja sih yang terlibat dalam cerita masa lalu kamu, kapan peristiwanya terjadi, dimana tempatnya.

Kemudian ada events. Nah, even ini isi dari pengalaman kamu yang sudah lalu. Pada bagian ini, kamu bisa menceritakan semuanya dengan runtut. Mulai dari A sampai Z. Sementara yang terakhir, reorientation adalah bagian mengenai komentar personal dari kamu yang mempunyai pengalaman, atau, bisa juga berisi evaluasi atau kejadian yang pernah kamu alami bersama rekan-rekan. Kalau dari pengertian dan strukturnya aja udah menarik banget kan ya. Gimana, tertarik untuk membuatnya? Kalau tertarik, kamu bisa mengetahui bagaimana ciri-ciri kebahasaan dalam recount text.

Penggunaan Bahasa dalam Recount Text

Berikut adalah beberapa kebahasaan ketika akan membuat recount text.

  1. Memakai simple past tense. Kalau ini sih udah jelas banget ya. Karena memang, simple past tense ini berguna untuk menceritakan atau menjelaskan sebuah peristiwa yang telah terjadi di masa lalu. Misal. I was very lazy.
  2. Kemudian, memakai action verb. Di mana, kata kerja yang digunakan adalah verb 2. Misal, swam, ran dan lain sebagainya.. Untuk kebahasaan satu ini sih, kamu harus ngafal ya. Karena nggak boleh asal tebak, kira-kira, verb 2 nya apa ya.
  3. Memakai conjunction dan juga penghubung waktu agar bisa menciptakan sebuah cerita yang utuh dan runtut. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan first, after that, then, atau yang lainnya.
  4. Memakai adverb yang menunjukkan waktu, cara, dan tempat. Misal, last week, last night, dan lain sebagainya.

kayaknya gampang ya. Karena semua material sudah kamu pelajari waktu SD sampai SMA.

Fungsi

Adapun fungsi dari recount text ini  adalah untuk memberikan sebuah informasi kepada orang lain, atau untuk menceritakan kejadian masa lalu untuk menghibur orang lain. Karena kita nggak bisa memungkiri sih, bahwa ternyata, cerita masa lalu atau kejadian-kejadian masa lalu memang asyik banget kalau diceritain. Ia nggak? Selain harus mengetahui ke 3 hal di atas, ada hal lain yang meski kamu ketahui.

Salah satunya adalah macam-macamnya. Nah, macam-macam recount text ini terbagi menjadi 3 ya. ada personal recount, factual, and imaginative. Atau, ada yang pengalaman kamu pribadi, kemudian fakta-fakta yang pernah terjadi, dan terakhir ada juga yang khayalan ataupun hasil imajinasi.

Apa Itu Recount Text
Apa Itu Recount Text

Contoh recount text

Pembahasan kita yang terakhir adalah contoh atau pengaplikasiannya. Perhatikan contoh berikut.

Liburan Terakhirku 1 bulan yang lalu

  • Orientation

1 bulan lalu, aku pergi ke Monas. Aku tinggal di rumah keluargaku di Jakarta selama 2 malam. Rumah itu mempunyai sebuah taman yang besar dengan bunga-bunga yang berwarna warni-warni.

  • Events

Di hari pertama, aku dan adikku melihat Monas. Pemandangannya sangat mengagumkan. Kami berjalan-jalan. Lalu pergi ke supermarket. Kami mengambil foto di Monas dan supermarket. Kemudian, kami makan dan beristirahat. Sebelum pulang, kami mengambil foto untuk yang terakhir kalinya.

  • Reorientation

Kami cukup lelah. Tapi aku rasa ini sangat menyenangkan. Aku berharap bisa ke Jakarta lagi.

Referensi: https://blogs.itb.ac.id/wikia/jenis-text-dan-tujuannya/

My Last Holiday

  • Orientation

Last one month I went to Monas. I stayed at my Family’s house in   Jakarta. The house has a big garden with colorful flowers.

  • Events

On the first day, my sister and I saw Monas. The view was amazing. We took a walk. Then go to the supermarket. We took photos at Monas and the supermarket. Then, we ate and rested. Before going home, we took one last photo.

  • reorientation

We are quite tired. But I think it’s really fun. I hope to come to Jakarta again.

Leave a Comment